Berikut ini adalah faktor termasuk yaitu :
1.Mempermudah kegiatan perdagangan
2.Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap
3.Memyediakan barang bonus
4.Memberikan perhatian khusus
5.Menyediakan harga yang kompetitif
Manfaat E-commerce bagi pelanggan:
1.Meningkatkan mutu pelayanan. Dengan adanya E-commerce memungkinkan perusahaan dapat meningkatkan layanan dengan melakukan interaksi yang lebih personal sehingga dapat memberikan informasinya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.
2.Melayani konsumen tanpa batas waktu.Bahwa dengan adanya E-commerce pelanggan dapat melakukan transaksi dan memanfaatkan layanan suatu perusahaan tanpa harus terikat dengan waktu tutup ataupun buka daari suatu perusahaan tersebut.
3.Mendapatkan pelayanan baru. Bahwa memungkinkan perusahaan tersebut mendapat pelanggan baru baik ittu yang bersal dari pasar domestik maupun pasaar luar negeri.
Dengan menggunakan E-commerce produsen dapat merubah daftar harga/menawarkan barang maupun jasa secara cepat melalui website. Biasanya sesuatu memerlukan waktu lama tetapi dengan E-commerce dapat lebih cepat.
Dengan konteks yang berhubungan dengan bisnis,E-commerce membantu dalam mengurangi inefisiensi yang mungkin terjadi karena dalam rantai penawararn,mengurangi kebutuhan untuk membuat investor dan mengghindari ketrlambatan pengiriman.Sehingga produsen mempunyai kepercayaan diri tentang usaha yang dijalankan.
Dalm hubungannya dengan pelanggan,E-commerce membantu dalam menfasilitasi kegiatan pembelian yang nyaman dan tentunya aman. E-commerce juga dapat menhemat waktu pelanggan tersebut.
Kemunculan E-commerce memberikan dampak bagi aktivitas pemasaran yaitu sebagai berikut :
1.Menghadirkan pasar maya/virtual sebagai komplemen pasar tradisional
2.Memudahkan aplikasi one-to-one atau direct advertising yang lebih efektif dibandingkan mass advertising
3.Menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih abnyak pelanggan di hampir semua belahan dunia.
4.Memudahkan dalam promosi produk dan jasa secara interaktif dan real time melalui saluran komunikasi langsung via internet.
5. Menekankan waktu siklus dan tugas-tugas administrasi (terutama untuk pemasaran internasional) mulai dari pemesanan hingga pengiriman produk.
Proses E-commerce dalam dunia bisnis :
1.Proses pembayaraan elektronik yaitu pelyanan sebagai proses nyata dan penting dalam transaksi e-ccommerce.
2.Kerjasama dan perdagangan,yaitu proses pemberitahuan kegiatan(event notification) memainkan peranan e-commerce karena dalam sistem ini digunakan untuk memonitori semua proses e-commerce dan memonitori semua kegiatan yang relevan,termasuk perubahan mendadak / ketika dalam masalah.
4.Membuat profil dan personalisasi yaitu proses pembuatan profil dan personalisasi menggunakan alat pembuatan profil seperti pendaftaran,file cookie,softwre penelusuran perilaku dalam situs web dan respon pemakai.
5.Pengendalian aksess dan keamanan yaitu situs e-commerce harus memberikan rasa peracaya dan akses yang aman untuk berbagai pihak dalam trabsaksi e-commerce,misalnya dengan adanya kata kunci (pasword),sertifikasi dan tanda tangan digital.
Faktor keberhasilan E-commerce dalam bisnis :
1. Faktor pilihan dan nilai meliputi produk yang menarik,harga yang bersaing,jaminan kepuasan,dan dukungan pelanggan setelah penjualan.
2.Faktor kinerja dan pelayanan meliputi navigasi proses belanja dan pembelian serta konfirmasi pengiriman yang cepat dan mudah.
3.Faktor iklan dan insesntif meliputi : web dan promosi e-mail bersasaran serta penawaran khusus,termasuk iklan yang di berbagai situsbafiliasi.
4.Faktor perhatian persoanl meliputi : halaman web personal,saran produk yang dipersonalisasi,iklan web dan pemberitahuan e-mail,serta dukungan untuk semua pelanggan.
Manfaat E-comeerce bagi organisasi,konsumen dan masyarakat luas bagi organisasi :
1.Menekankan biaya menyusun,memproses,mendistribusikan,menyimpan, dan mengakses informsi berbasis kertas.
2.Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
3.Menekankan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jas
4.Menekankan biaya telekomunikasi.
5.Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis
Dampak positif E-commerce bagi dunia bisnis yaitu :
1.Dapat meningkatkan market (pangsa pasar)
2.Menurunkan biaya operasional(operating cost)
3.Melebarkan jangkauan(global reach)
4.Meningkatkan value(mata rantai pendapatan)
5.Meningkatkan supplier manajement.
6.Memperpendek waktu produksi.
Dampak negatif e-commerce bagi dunia bisnis :
1.Kehilangan segi financial secar langsung karena kecurangan.Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainya atau diatelah mengganti semua data finansial yag ada.
2.Pencurian informasi rahasia yang berharga.
3.Kehilangan kesempatan bisnis yang karena gangguan pelayanan.
4.Kehilangan keprcyaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
Kesimpulannya :
Dengan pemanfaatn dan penggunaan teknologi internet diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetitif tersebut adalah perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi dalam perusahaanya. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkstkan persaingan bisnis dan penjualan produ-produk adalah dengan menggunakan E-commerce(Electronic commerce).
Dengan adanya teknologi yang cangih ini para pelanggan yang ingin mengakses e-commerce tidak harus berada di suatu tempat, Hal itu dikarenakan dikota-kota besar di indonesia telah banyak tempat yang menyedikan suatu fasilitas akses internet yang hanya dengan menggunkan laptop/notebook ataupun dengan personal digital Asistant(PDA) dengan menggunakan wifi.
Sumber : https://orasibisnis.files.wordpress.com/2012/05/dewi-imarwati_pemanfaatan-e-commerce-dalam-dunia-bisnis.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar